Jeep Grand Cherokee 4xe terungkap

SUV hibrida plug-in untuk menggantikan diesel Grand Cherokee di Australia tahun depan

All-new Jeep Grand Cherokee 4xe plug-in hybrid telah diluncurkan di AS dan akan tiba di Australia pada tahun 2022, bergabung dengan jajaran Grand Cherokee generasi baru yang mulai dijual di sini akhir tahun ini.

Ketika tiba, Jeep Grand Cherokee 4xe 2022 akan menggantikan tenaga diesel dengan powertrain hybrid plug-in yang diharapkan terdiri dari mesin bensin dan dua motor listrik, menjadikannya model listrik pertama Jeep Australia.

Detail lengkap akan diumumkan selama debut publik Grand Cherokee 4xe di pameran motor New York 2021 pada bulan Agustus, tetapi hal-hal seperti atap hitam yang kontras, velg unik, dan port pengisian daya yang terletak di atas dan di belakang roda depan membantu mengidentifikasinya.

Jeep berencana untuk memiliki 4xe varian plug-in hybrid dari setiap model dalam jangkauannya dan sebuah EV di setiap kategori SUV kecil, sedang, besar dan atas-besar pada tahun 2025.

Jeep lebih lambat dari kebanyakan merek pesaing untuk mengadopsi elektrifikasi dan peluncuran baru ini, yang terungkap semalam sebagai bagian dari strategi elektrifikasi $47 miliar perusahaan induk Stellantis, menunjukkan perubahan dalam taktik.

Tidak diketahui berapa harga Jeep Grand Cherokee PHEV baru ketika tiba di sini tahun depan, tetapi kisaran GC yang keluar saat ini dibuka pada $ 59.950 dan terdiri dari sembilan varian, dengan empat mesin diesel V6 berkisar antara $ 65.950 dan $ 82.950, dan SRT bertenaga V8. ($95.950) dan Trackhawk ($139.950) memuncaki daftar.

Bos global Jeep, Christian Meunier, sebelumnya mengatakan Jeep Grand Cherokee 4xe generasi baru setidaknya akan menyamai performa diesel saat ini, dengan “kemampuan off-road yang lebih besar” dan “kapasitas penarik yang kuat”.

Namun, belum jelas apakah 4xe akan cocok dengan kapasitas penarik 3500kg dari mesin V6 turbo-diesel 3.0 liter 184kW/570Nm milik Grand Cherokee saat ini.

Pilihan mesin lain untuk Grand Cherokee baru yang hanya berbahan bakar bensin akan mencakup powerplant carryover termasuk V6 3,6 liter (217kW/348Nm) dan V8 5,7 liter (266kW/529Nm).

Jeep Australia baru-baru ini juga menghapus versi diesel dari Wrangler, tetapi belum secara resmi mengkonfirmasi apakah itu akan memperkenalkan Grand Cherokee atau Wrangler 4xe secara lokal, untuk berita lengkapnya seputar mobil dan otomotif di Tips Otomotif.

Namun, Meunier menjelaskan ketika Grand Cherokee generasi kelima baru yang lebih besar diresmikan pada bulan Februari tahun ini bahwa PHEV akan dijual di sini.

Tidak akan ada diesel di Grand Cherokee [baru],” kata Meunier. Tanpa diesel, dengan 4xe, dengan [bensin] V6, itu akan menjadi home run. Saya tidak ragu. Produk ini akan menjadi luar biasa bagi orang Australia, mereka akan menyukainya,” katanya.

Namun, satu poin potensial yang mungkin muncul adalah bahwa 4xe tampaknya didasarkan pada versi Grand Cherokee baru lima kursi yang lebih pendek – bukan Grand Cherokee L tujuh kursi yang akan diluncurkan di sini pada akhir tahun 2021.

“Kami tidak ingin menjadi pengikut di Australia. Kita akan menjadi pemimpin dalam elektrifikasi. Kami akan di sana sebelum yang lain,” kata Meunier awal tahun ini.

“Semua Jeep akan mendapatkan listrik. Kami akan memiliki persenjataan lengkap teknologi elektrifikasi yang kami terapkan pada semua produk Jeep, dan Anda akan melihat lebih banyak lagi di masa depan,” tambah bos global Jeep.

Powertrain hybrid baru untuk Grand Cherokee 4xe diharapkan datang dari Wrangler 4xe, yang saat ini merupakan PHEV terlaris di Amerika Utara, menggabungkan mesin empat silinder turbo-bensin 2.0 liter ditambah dua motor listrik.

Memompa lebih banyak tenaga dan torsi daripada diesel V6 yang keluar, powertrain 2,0 liter elektrifikasi mengembangkan 280kW dan 637Nm, tetapi itu tidak berarti ia akan menawarkan kapasitas penarik 3500kg.

Motor listrik ditenagai oleh baterai lithium-ion 17kWh yang memberikan Wrangler 4xe jangkauan jelajah EV 40km dengan muatan penuh. Harapkan rentang listrik yang serupa dari Grand Cherokee 4xe.

Terlepas dari varian plug-in SUV mewah yang besar, satu-satunya saingan nyata untuk Grand Cherokee PHEV kemungkinan adalah versi hibrida dari Toyota LandCruiser 300 Series dan Prado baru, yang diperkirakan tidak akan muncul hingga setidaknya 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *